Mengenal Ciri Khas Baju Adat Suku Toraja Modern

Ciri Khas Baju Adat Suku Toraja Modern - Ciri utama pakaian adat Toraja yaitu penggunaan kain tenun Toraja. Kain tenun ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Toraja. 
 
Sehingga dibuat menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi. Selain pakaian adat, sentuhan tenun Toraja bisa diterapkan pada berbagai pakaian. 
 
Sarung, gaun dan blus adalah contoh variasi pakaian yang terbuat dari kain tenun Toraja. Berikut Dibawah ini Ciri - Ciri Baju Adat Toraja.

Ciri Khas Baju Adat Suku Toraja Modern

Ciri Baju Adat Toraja Untuk Perempuan


Baju adat wanita Toraja disebut baju pokko. Baju ini digunakan oleh keturunan suku Toraja menurut kasta dan usia. Penggunaan pakaian adat untuk anak perempuan biasanya lebih sederhana dan jelas. 
 
Sementara remaja putri dan dewasa biasanya menggunakan warna merah, kuning, dan putih dengan berbagai asesoris.

Sebagian masyarakat Toraja yang beragama Islam juga dapat memadukannya dengan penggunaan hijab yang warnanya bisa anda sesuaikan. 
 
Busana adat Pokko Toraja paling sering dikenakan pada acara-acara penting atau juga acara formal. Bisa dikatakan pakaian tersebut merupakan salah satu jenis pakaian batik bagi masyarakat Toraja. Sering juga digunakan dalam acara-acara pemerintahan dan kebudayaan.

Ciri Baju Adat Toraja Untuk Laki-Laki

Bagi pria keturunan Toraja, pakaian yang dikenakan disebut Seppa Tallung atau Seppa Tallung Buku. Outfit ini terdiri dari atasan yang memiliki desain lengan panjang, dan celana yang hanya sebatas lutut. 
 
Lalu Kemudian akan dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti yang sudah disebutkan yaitu selendang kain tenun, gayang, lipa, dan juga masih banyak lagi.

Beberapa waktu lalu gaun unik ini dikenakan presiden dalam sebuah acara yang langsung menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Apalagi saat mengenakan ikat kepala atau bandana beke. Obligasi khas Toraja ini dipasarkan lebih luas karena permintaan pasar menjadi sangat tinggi.

Sama seperti memakai baju Pokko, baju ini juga dikenakan oleh pria Toraja untuk menghadiri berbagai acara budaya. Juga pada hari-hari tertentu yang telah dijadwalkan oleh pemerintah setempat. 
 
Seppa Tallung sangat sering digunakan sebagai kostum tari saat menerima tamu penting. Selain itu juga digunakan pada acara-acara sekolah atau lembaga pendidikan.

Banyak sekali toko yang menjual baju adat Toraja seperti baju Pokko, dan Seppa Tallung karena unik dan sering dipilih sebagai baju adat dengan tampilan yang menarik. 
 
Bahkan, pakaian Toraja telah menyita perhatian dunia saat ditampilkan di acara internasional, seperti saat ditampilkan di Korea Selatan.

Baju Pernikahan Khas Toraja Modern

Semakin spesial acara yang diadakan, semakin spesial pula pakaian yang dikenakan. Begitu juga dengan penggunaan pakaian adat milik daerah Toraja. 
 
Masyarakat Toraja sendiri terkenal dengan pernikahannya yang megah dan mewah. Maka tak heran jika penampilan gaun pengantin mereka memberikan kesan glamour.

Baju pengantin adat Toraja umumnya masih mempertahankan model baju adatnya. Hanya saja lebih dimodifikasi dari mulai pemilihan warna, hingga detail desainnya. 
 
Banyak keturunan suku Toraja yang memilih baju merah dengan sentuhan emas mengikuti adat lama. Banyak juga yang memilih warna kuning dan putih sebagai bentuk variasi yang berbeda.

Terlihat dari gambar berbagai pakaian adat untuk pernikahan dengan sentuhan modern yang juga tidak terlepas dari penggunaan ornamen emas dari atas hingga bawah. 
 
Dibandingkan dengan kebaya pengantin pada umumnya, busana pengantin asal Toraja ini terkesan lebih tertutup karena dari segi bentuknya mirip dengan baju Kurung.

Post a Comment for "Mengenal Ciri Khas Baju Adat Suku Toraja Modern"