Tarian Tradisional Yang Ada Di Kalimantan Tengah

TONDOK TORAYA - Tahukah Anda contoh tarian yang berasal dari Kalimantan Tengah? 
 
Banyak sekali macam-macam seni budaya yang diwariskan oleh nenek moyang kita kepada bangsa yang besar seperti Indonesia, sobat semua harus menjaganya. 

Jenis Tarian Tradisional Yang Ada Di Kalimantan Tengah


Pada kesempatan kali ini kami ingin mencoba berbagi informasi kepada anda yang tidak kalah menarik untuk dibahas yaitu jenis-jenis tari sumatera selatan, sehingga dapat menambah wawasan baru tentang jenis-jenis tari kalimantan tengah.
 
Untuk itu buat Anda yang ingin tahu ulasan lengkapnya mengenai jenis Tarian Tradisional Yang Ada Di Kalimantan Tengah, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1. Tari Balean Dadas

Di privinsi Kalimantan Tengah, tari balean dadas adalah tarian yang biasanya digunakan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kesembuhan dari sakit yang menimpa masyarakat pada umumnya. 
 
Identitas yang paling mencolok dari tarian ini terletak pada kostumnya yang memiliki warna yang beragam seperti kuning, merah, hijau, putih dan hitam. Balean dadas sendiri dalam masyarakat Kalimantan Tengah adalah nama seorang dukun.

Dukun ini nantinya akan menampilkan tarian untuk memanjatkan doa. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin modern, tari balean dadas digunakan sebagai pertunjukan penyambutan tamu atau sekedar untuk acara peresmian.

2. Tari Giring Giring

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan suku dayak sob. Tari Giring merupakan seni budaya yang diciptakan oleh suku Dayak asli. 
 

Selanjutnya mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat Kalimantan Tengah dan daerah sekitar Kabupaten Barito. 
 
Tahukah kamu apa arti dari kata giring itu sendiri? Giring - giring mempunyai nama lain yaitu gangerang. 
 
Keduanya memiliki arti yang sama yaitu sebatang pohon bambu yang di dalamnya terdapat biji piding. Tarian dribble dance diciptakan dengan maksud dan tujuan untuk menyampaikan betapa bahagianya mereka semua.

3. Tari Kayau

Tarian yang satu ini memang memiliki arti yang cukup menyeramkan sob. Kayau dalam bahasa masyarakat Kalimantan Tengah berarti memenggal kepala musuh. 
 
Suku Dayak khususnya memang memiliki kebiasaan yang luar biasa sehingga harus melakukan prosesi pemenggalan kepala musuhnya sebagai upaya untuk melindungi kelompoknya, kawan.

Berbagai ancaman dari musuh bisa ditunjukkan dengan keberanian, kekuatan dan juga kejantanan. 
 
Namun perlu diingat bahwa tidak semua anggota kelompok diperbolehkan melakukan pemenggalan kepala, karena sudah ada aturan tersendiri dalam suku Dayak mengenai siapa yang ditunjuk untuk melaksanakannya.

4. Tari Kinyah Mandau

Memang tarian daerah kalimantan tengah pada umumnya adalah tarian yang berasal dari suku dayak termasuk tarian mandau. 
 
Tari Kinyah Mandau merupakan tarian yang bertujuan untuk menceritakan tentang pencak silat, karena di dalamnya sangat menonjolkan aspek bela diri.

Tahukah kamu apa arti dari kinyah mandau? Dalam suku Dayak, kinyah berarti tarian yang digunakan saat perang. 
 
Sedangkan mandau memiliki arti sebagai alat yang digunakan untuk mendukung peperangan yang sedang berlangsung yaitu senjata.

Selain itu, ada daftar tarian lainnya seperti di bawah ini yang tidak bisa saya jelaskan satu persatu pada kesempatan kali ini. 
 
Namun jangan khawatir sobat, pada kesempatan berikutnya saya akan membahas secara tuntas tarian-tarian tersebut satu per satu secara mendalam. 
 
Tarian tersebut antara lain:
  • Tari Manasai
  • Tari Mandau
  • Tari Tambun dan Bungai
  • Tari Hugo dan Huda
  • Tari Putri Malawen
  • Tari Tuntung Tulus
  • Tari Manganjan
Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan pada pembahasan kali ini mengenai Tarian Tradisional Kalimantan Tengah
 
Semoga info ini dapat membantu dan membawa banyak manfaat bagi Anda semua yang membacany, Terimakasih dan semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tarian Tradisional Yang Ada Di Kalimantan Tengah"