Berikut Kesenian Dan Budaya Yang Ada Di Sulawesi Selatan


Kesenian Dan Budaya Yang Ada Di Sulawesi Selatan - Kesenian tradisional Sulawesi Selatan yang beraneka ragam dan sarat nilai estetika yang tinggi tentunya harus dilestarikan agar tidak tergerus oleh zaman. 
 
Mulai dari bahasa daerah, tarian adat, alat musik hingga upacara adat, tentunya Anda akan terkagum-kagum saat berwisata ke provinsi yang dikenal dengan nama Ujung Pandang dan saat ini menjadi Makassar.

Kesenian Dan Budaya Yang Ada Di Sulawesi Selatan

Lantas, apa saja kesenian tradisional Sulawesi Selatan? Yuk simak informasi menarik berikut ini.

1. Bahasa daerah

Bahasa merupakan alat komunikasi dengan individu lain. Nah, di Sulawesi Selatan sendiri, mereka menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa pugis. Ini adalah kesenian tradisional Sulawesi Selatan yang dianggap paling beragam karena penggunaan dialek yang berbeda. 
 
Kemudian ada juga bahasa Toraja yang tentunya digunakan oleh masyarakat Toraja dengan sub bahasa diantaranya Toala', Tae' dan Torajasa'.

2. Tari tradisional

Tak hanya bahasa daerah, kesenian tradisional Sulawesi Selatan lainnya adalah tarian tradisional. Bisa dikatakan tarian di provinsi ini cukup beragam karena adat dan suku yang ada di Sulawesi Selatan sendiri.
 
Nah tarian-tarian di bawah ini merupakan tarian yang kami rangkum dari berbagai sumber untuk menambah wawasan anda tentang kesenian tradisional sulawesi selatan. Jadi, mari kita dengarkan bersama.

Tari Kipas Pakarena

Kesenian tradisional Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu kesenian yang cukup dikenal masyarakat Indonesia. 
 
Tari Kipas Pakarena adalah tarian tradisional yang berasal dari Goa, Sulawesi Selatan. Tarian ini dimainkan pada acara-acara hiburan dan sering ditampilkan untuk melengkapi upacara adat.

Dalam pertunjukannya, Tari Kipas Pakarena dibawakan oleh 5 sampai 7 orang penari dengan mengenakan pakaian adat dan diiringi oleh Detail Gondrong (kombinasi gendang dan suling). 
 
Menurut legenda yang beredar di masyarakat, tarian ini berawal dari perpisahan antara penduduk bumi kahyangan dan penduduk bumi.

Sebelum berpisah, ia mengajari penduduk negeri surga ini cara bertahan hidup melalui gerakan tubuh dan kaki. Penduduk bumi kemudian menggunakan gerakan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka.

Tari Pa'Gellu

Kesenian tradisional Sulawesi Selatan ini berasal dari daerah Toraja lebih tepatnya Kota Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Tarian ini biasanya dipentaskan dalam upacara adat toraga khusus yang disebut Ma'Bua.

Ma'Bua sendiri biasanya dikaitkan dengan upacara pentahbisan di rumah adat Toraja. Namun seiring berjalannya waktu, tarian Ma'Gellu akhirnya bisa dinikmati pada pesta pernikahan, pesta panen, dan menerima tamu yang dianggap terhormat.

3. Alat musik tradisional

Salah satu kesenian tradisional Sulawesi Selatan yang wajib anda ketahui adalah alat musik tradisional. Sebagai provinsi yang dihuni oleh banyak suku, alat musik dari provinsi yang ada di Sulawesi Selatan ini juga tidak kalah beragam seperti yang Anda ketahui.

Berikut beberapa alat musik khas Sulawesi Selatan.

Alosu

Alosu adalah alat musik yang termasuk dalam kesenian tradisional Sulawesi Selatan. Alat musik khas suku Bugis yang hanya memiliki satu nada ini terbuat dari anyaman bambu yang diisi biji atau kerikil. 
 
Menariknya, alat musik Alosu ini tidak dimainkan dengan cara dipetik, ditiup, atau bahkan dipukul.
Namun Alosu dimainkan dengan cara digoyang ke kanan dan ke kiri atau dengan digoyang sambil diiringi oleh tarian Ulusu. 
 
Perpaduan dua kesenian tradisional Sulawesi Selatan ini bisa Anda temukan saat penobatan raja, upacara adat dan acara formal lainnya.

Pui-Pui

Pui-pui memiliki bentuk seperti terompet dan juga dianggap cukup mirip dengan alat musik tradisional dari provinsi lain di Indonesia, seperti Sronen dari Jawa Timur dan Serunai dari Sumatera. Pui-pui sendiri merupakan alat musik yang diambang kepunahan. 
 
Betapa tidak, untuk membuat kesenian tradisional Sulawesi Selatan ini, para pengrajin harus menggunakan daun lontar dan lempengan logam khusus.
 
Itulah sedikit penjelasan mengenau Kesenian Dan Budaya Yang Ada Di Sulawesi Selatan, Semoga Bermanfaat. Dan jangan lupa untuk terus kunjungi Tondok Toraya, Agar mendapatkan info terbaru..

Post a Comment for "Berikut Kesenian Dan Budaya Yang Ada Di Sulawesi Selatan"