Tempat Wisata Di Toraja Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tempat Wisata Di Toraja Yang Wajib Dikunjungi - Tidak ada yang lebih indah dari Indonesia. Kami berharap ungkapan ini tidak berlebihan jika kita sudah mengetahui betapa indahnya alam yang tersebar di setiap wilayah Indonesia. 
 
Salah satunya adalah Toraja. Menjadi kawasan dengan kearifan lokal yang masih kental dan memiliki ciri khas serta bernuansa mistis. Hal ini menjadi salah satu tempat wisata di Toraja. 


Tempat Wisata Di Toraja Yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak situs sejarah yang menarik, seperti makam di tebing batu, reruntuhan megalitikum khususnya Batu Simbuang, hingga rumah adat yang berusia ratusan tahun. Tak hanya itu, banyaknya tempat wisata di Toraja tentu menjadi perhatian utama.

Beberapa keunikan yang dapat ditemukan adalah upacara pemakaman Rambu Solo yang merupakan tradisi untuk menghormati leluhur mereka. 
 
Ada juga tradisi yang dikatakan cukup memacu adrenalin karena sebagian masyarakat diketahui tidak berani menyaksikan bagaimana kerbau Ma'Tinggoro Tedong disembelih. Meski begitu, Tempat Wisata Di Toraja juga layak untuk dieksplorasi selain keunikannya dari segi budayanya.

1. Agrowisata Pango-Pango

Pango-pango dengan agrowisata kopi yang terletak di dataran tinggi sering dikenal dengan sebutan negeri di atas awan. 
 
Tempat ini menawarkan keindahan yang menakjubkan dengan menawarkan pemandangan dan foto-foto yang menarik dari kota Makale yang megah. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk menyaksikan sunset di sore hari.

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, juga menawarkan fasilitas yang nyaman bagi pengunjung, seperti gazebo dan toilet. Tentunya Anda bisa menjelajahi kopi Toraja lebih detail sambil menikmati berbagai keindahan yang dihadirkan.

2. Wisata Kete Kesu

Wisata ini merupakan desa yang indah dan unik. Mereka yang berkunjung ke desa Kete Kesu bisa melihat pemandangan yang sangat menyegarkan. Kehadiran pemandangan alam dan udara yang masih alami dan belum tercemar menjadi daya tarik terbesar. 
 
Desa ini berisi kompleks rumah tradisional Tana Toraja yang dikenal sebagai Tongkonan. Rumah adat ini disebut sebagai tempat penyimpanan jenazah sementara sebelum dimakamkan.

Situs Kete Kesu berjarak 4 km dari Rantepao. Desa ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi karena terletak di daerah pegunungan dan persawahan sehingga bisa menawarkan pemandangan yang memanjakan mata kita.

3. Patung Yesus di Buntu Burake

Mengunjungi tanah Toraja merupakan pengalaman yang unik dan mengasyikkan. Anda bahkan dapat menemukan patung tertinggi di dunia di sini. Ikon wisata yang menjulang 40 meter di atas Bukit Buntu Burake ini mampu mengalahkan ketinggian patung di Brazil. 

Dengan mengunjungi wisata ini, Anda bisa melihat indahnya panorama Makale dan pegunungan yang membentang di sekitar Tanah Toraja. Patung yang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut ini telah menarik banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk menikmati keindahan yang diwakilinya.

4. Wisata Museum Ne’ Gandeng

Ada yang berbeda dari tempat wisata ini. Pada zaman dulu, bangunan tersebut menjadi tempat prosesi pemakaman Ne' Gandeng. 
 
Dia meninggal pada 3 Agustus 1994, sebelum prosesi pawai dengan rincian ini. Sebab, masyarakat Toraja juga memaknai dirinya sebagai individu yang menghormati leluhurnya.
 
 Lokasi Museum Ne' Gandeng berada di Desa Pelang. Wisatawan bisa mengunjungi museum ini, tepatnya di Sa'dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan.

5. Tongkonan Pallawa

Bagi Anda yang tertarik dengan adat dan sejarah yang berbeda, wisata one-on-one ini sangat direkomendasikan. 
 
Pasalnya, Tongkonan Pallawa merupakan destinasi wisata yang disuguhkan dengan legenda yang menarik dan nuansa yang menyenangkan untuk Anda nikmati. 
 
Kampung adat tertua yang menampilkan rumah adat atau tongkonan ini memiliki tampilan yang sangat megah. Berkunjung ke tempat ini sama saja dengan menggali berbagai sejarah di dalamnya. Anda bahkan akan menemukan rumah tradisional yang dipadukan dengan hutan kecil dan banyak pepohonan. 
 
Menariknya, Tongkonan Pallawa memiliki situs pemakaman langka yang berjarak 1 km dari desa untuk Anda telusuri sejarahnya. 

Demikian ulasan mengenai Beberapa Tempat Wisata Di Toraja Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan baik itu bersama keluatga maupun juga kerabat, Mengingat bulan ini memiliki banyak hari libur. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tempat Wisata Di Toraja Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan"