Loko Kambuno Toraja, Miliki Sisi Mistis Gendang Batu Keramat

TondokToraya.Com - Loko Kambuno Toraja tempat bersejarah yang berupa gua yang berada di Toraja diperkenalkan masyarakat sebagai lokasi wisata bersejarah. Jika berbicara tentang Tana Toraja memang tidak ada habisnya. Toraja merupakan daerah yang memiliki beragam budaya dan wisata alam.

Tidak hanya itu saja, masyarakat di daerah ini sangat menjunjung tinggi adat istiadat dan kearifan lokalnya. Beragam wisata yang dimiliki tempat ini memiliki sisi unik tersendiri. Sehingga membuat wisatawan domestik maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Apabila Anda bertanya kepada para wisatawan. Apa yang kamu lihat saat berkunjung ke Toraja? Pastinya mereka akan menjawab kuburan. Ya, di Toraja memang terkenal dengan kuburan gantung, kuburan pohon bayi, dan kuburan batu. Karena tempat tersebut merupakan salah satu yang sangat populer di Toraja.


Perlu Anda ketahui juga bahwa di Toraja juga terdapat sebuah gua alam yang dipergunakan sebagai makam. Gua tersebut adalah Loko Kambuno. Bagi, Anda yang penasaran dengan gua ini maka bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Sejarah Loko Kambuno Toraja

Perlu Anda ketahui, tempat bersejarah ini adalah sebuah pemakaman gua pribadi. Gua alam ini berlokasi di Dusun Limbu, Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja. Gua tersebut berjarak kurang lebih 9 KM dari pusat kota Makale. Dengan menempuh perjalanan 15 menit saja.

Loko Kambuno, pemakaman gua pribadi warga Limbu yang dijaga oleh Tongkonan Garau. Tongkonan tersebut merupakan tongkonan tertua di kelurahan Sarira
.
Konon katanya, pada tahun 1956 sampai 1958 goa pemakaman tersebut menjadi tempat persembunyian keluarga Tongkonan Garau saat terjadi peristiwa pembakaran tongkonan. Itulah sebabnya mengapa gua milik masyarakat limbu tersebut di awasi oleh tongkonan garau.

Goa pemakaman tersebut berusia ratusan tahun, sehingga terdapat puluhan jenazah leluhur masyarakat setempat yang dimakamkan di dalamnya. Sehingga membuat tempat tersebut mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Keunikan Loko Kambuno Toraja

Selain memiliki nilai sejarah, goa tersebut memiliki keunikan tersendiri. Goa alam yang memiliki lubang pintu masuk berukuran 1,2 meter dengan panjang goa 200 meter. Didalamnya terdapat ornamen goa yang sangat indah.

Tidak hanya itu saja terdapat aula yang besar tempat ornamen tersebut. Sedangkan ornamen tersebut berupa stalaktit dan stalagmit yang sangat mempesona. Selain itu, di dalam stalakmit tersebut terdapat tulisan Jepang.

Uniknya, di dalam goa ini terdapat sebuah gendang batu yang diyakini sangat keramat. Apabila Anda memukulnya akan mengeluarkan suara yang merdu. Dan untuk siapapun yang masuk kedalam goa, diwajibkan untuk memukul gendang batu tersebut.

Berpindah ke ruang selanjutnya di dalam goa tersebut, terdapat tulang belulang dan peti mati para leluhur masyarakat setempat. Sehingga membuat kesan yang seram namun memukau.

Sebab, di cela dinding Loko Kambuno Toraja terdapat puluhan bahkan ratusan peti mati dan tulang belulang yang sebagian sudah lapuk. Selain itu, juga terdapat tengkorak kepala yang semakin menambah kesan seram.

Lalu, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi goa tersebut yang memiliki beragam keunikan serta kesan mistis khas toraja. Perlu Anda ingat, satu pesan dari masyarakat setempat apabila Anda ingin menelusuri goa alam tersebut harus didampingi oleh pihak dari masyarakat Limbu.

Sebab, goa pemakaman tersebut termasuk goa yang anggap sangat keramat. Jadi, sebagai bentuk hormat kepada leluhur, mereka Anda harus ditemani masyarakat tersebut. Untuk itu, Anda jangan coba- coba memasuki goa pemakaman tersebut sembarangan.

Nah, itu tadi sekilas penjelasan mengenai Loko Kambuno Toraja. Apabila Anda menginginkan informasi mengenai Tana toraja yang memiliki beragam budaya dan adat istiadatnya Anda bisa mengunjungi situs Todok Toraya.

Post a Comment for "Loko Kambuno Toraja, Miliki Sisi Mistis Gendang Batu Keramat"