Mata Air Tilanga, Wisata Alam Toraja yang Menyejukkan


TONDOK TORAYA - Kabupaten Tana Toraja memang selalu memberikan kejutan, baik dalam kebudayaan hingga ke tempat wisata yang menakjubkan. Wilayah yang masih menampilkan wisata alam mempesona yang indah tidak dapat Anda temukan di daerah lain. Salah satu tempat wisata alamnya adalah Mata Air Tilanga.

Tempat wisata ini menjadi favorit para wisatawan dari mancanegara. Berlokasi di Kecamatan Makale Utara, wisata Tilanga ini berjarak sekitar 15 km dari Ibukota Rantepao, Toraja Utara.

Mata Air Tilanga, Wisata Air Di Toraja

Para wisatawan diperbolehkan berenang, tetapi tidak diperkenankan untuk menggunakan semua hal yang bersifat detergen. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 10.000 para wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan mempesona dan menarik mata.

Destinasi Andalan di Tana Toraja

Pemandian alam berbentuk kolam dengan ukuran 15 x 25 meter ini bisa Anda manfaatkan dengan menyejukkan mata. Suasana yang dingin menambah suasana sejuk di tempat ini. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan, tempat ini cocok untuk Anda. 

Meskipun demikian, Anda tetap perlu berhati-hati karena terdapat bagian yang dalam dan juga bebatuan di sekitarnya yang tajam, seperti karang laut.

Terkenal dengan si Pembawa Keberuntungan

Masapi, belut yang menjadi mitos di Mata Air Tilanga ini jarang menunjukkan dirinya. Konon katanya, pengunjung dapat memperoleh keberuntungan saat melihatnya. Namun, tidak ada yang tahu dengan pasti letak sarang belut purba tersebut.

Menurut cerita yang ada, belut ini akan keluar jika dipanggil oleh anak-anak dengan pancingan sebutir telur rebus. Dari kepercayaan masyarakat sekitar, Raja Masapi akan keluar saat tengah malam untuk membersihkan kolam. Tidak hanya itu, masih ada banyak cerita yang bisa Anda dengarkan tentang tempat ini di Tondok Toraya.

Masapi si Belut Purba

Menurut penuturan warga yang ada, dalam tempat wisata ini terdapat belut berkuping yang masih hidup. Orang sekitar menyebutnya dengan Masapi yang konon katanya berwarna putih. 
 
Umumnya warna Masapi ini berwarna hitam. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konon Masapi tersebut dikaitkan dengan pesan keberuntungan.

Sehingga orang yang melihat Masapi, permintaan dan harapan seseorang tersebut akan terkabul. Apalagi jika orang tersebut melihat masapi dengan warna belang-belang putih dan hitam. Masapi dengan warna tersebut disebut dengan masapi bonga.

Aktivitas Menarik di Mata Air Tilanga

Di luar mitos yang melegenda tersebut, tempat wisata ini memiliki air jernih dan terlihat segar. Dari kesejukan air ini masih ditambah lagi dengan pepohonan rimbun di sekitaran kolam. Gesekan daun bambu yang tertiup angin akan membuat Anda semakin betah berada di tempat wisata ini.

Anda bisa mencelupkan kaki saat duduk di tepi kolam dan rasakan sensasi menyejukkan hingga mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini bisa membuat Anda menjadi kembali fresh dan segar. Anda juga tidak perlu khawatir dengan Masapi yang ada. Karena masapi di Tilanga ini cukup bersahabat dan tidak akan mengganggu manusia.

Anda juga bisa mencoba tantangan dengan berayun untuk meloncat ke dalam kolam memanfaatkan pohon yang melintang. Para wisatawan bisa berenang di mata air ini karena sudah dikelola dengan baik. Meskipun tidak terdapat fasilitas persewaan alat renang, tetapi sudah terdapat kamar mandi dan tempat bilas.

Mata Air Tilanga bisa menjadi salah satu destinasi wisata Anda dengan keindahan alamnya yang masih terjaga dengan ketat. 
 
Selain itu, terdapat beberapa warung yang bisa Anda kunjungi setelah beraktivitas di tempat wisata ini dan merasakan lapar atau haus. Tidak lupa para wisatawan juga bisa memotret keindahan di tempat ini untuk dijadikan sebagai kenangan. 

Post a Comment for "Mata Air Tilanga, Wisata Alam Toraja yang Menyejukkan"