Loko Mata di Toraja Kuburan Batu Tradisional Yang Berada di Ketinggian


Loko Mata di Toraja -  Loko Mata merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk mengartikan kuburan alam. Namun kuburan ini menjadi menarik karena berbeda dengan yang ada di sekitar pada umumnya. Jika Anda ingin info menarik ini, simak hingga tuntas.

Toraja menjadi suku yang memiliki keberagaman budaya yang masih terjaga sampai saat ini. Tidak mengherankan apabila banyak orang yang berminat untuk berkunjung langsung ke sana. Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah tempat peristirahatan terakhir yang mereka gunakan sampai saat ini.

Berbeda dengan yang kita ketahui seperti kuburan biasanya di daerah lain. Untuk itulah simak berikut ini agar makin tertarik untuk kunjunginya langsung.

Loko Mata Toraja, Kuburan Batu Tradisional

Kuburan alam ini digunakan oleh masyarakat Toraja untuk mengubur jenazah sampai saat ini. Letaknya berada di ketinggian yang bahkan mencapai 1400 meter di atas permukaan laut, cukup tinggi bukan? Maka dari itulah ini yang membuat orang tertarik untuk mengunjunginya.

Seperti kuburan pada umumnya, fungsi utamanya untuk menyemayamkan jenazah yang berpulang. Namun kali ini berada di dalam batu yang secara khusus menurut adat istiadat setempat. Masyarakat yang meninggal akan disemayamkan dalam batu tersebut.

Sampai saat ini lubang batu yang berisikan mayat tersebut masih ada. Biasanya dalam setiap lubang berisikan beberapa mayat, mereka masih memiliki hubungan darah atau kekerabatan. Sehingga diletakkan pada satu lubang yang sama.

Batu besar ini mungkin tampak menakutkan, apalagi isinya jenazah. Tetapi masyarakat setempat memiliki adat yang terjaga sampai saat ini. Tentu saja bagi mereka hal ini merupakan kebiasaan yang sudah terjaga dari dahulu kala.

Lokasi Loko Mata Toraja

Kuburan Batu yang berada di ketinggian 1400 mdpl ini memang akan terlihat dari jauh sekalipun. Tepatnya berada di Batu Tumonga, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tempat ini merupakan daerah yang berupa daratan inggi.

Bahkan menjadi puncak yang lokasinya paling tinggi untuk area Rantepao. Ketika menginjak tanah Toraja saja Anda bisa menyaksikannya meskipun dari jauh. Karena ketinggiannya yang membuatnya tampak dari kejauhan sekalipun.

Ketika ingin menuju lokasi tersebut Anda perlu menempuh perjalanan yang tidak terlalu jauh dari kota. Namun tenang saja sepanjang perjalanan ke lokasi Anda akan mendapatkan berbagai pemandangan yang indah. Inilah yang membuat Anda wajib menyempatkan diri berkunjung langsung ke kuburan ini.

Menjadi Destinasi Wisata

Loko Mata Toraja ini bahkan menjadi tempat wisata yang populer. Khususnya bagi wisatawan yang menggemari wisata tradisional seperti ini. Pemandangannya bukan hanya  bukit yang berisikan kuburan saja, tetapi berderet rumah adat Tongkonan.

Rumah adat yang dibuat dalam ukuran kecil untuk replica tersebut diletakkan di bawahnya. Lalu dicat berwarna-warni memberikan kesan yang kontras sekali dengan nuansa kuburan yang suram. Sedangkan kuburannya berada di dinding tebing berbentuk kotak.

Merupakan lobang berisikan mayat yang memang tersimpan jenazah di dalamnya. Inilah yang membuat tempat ini menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Cocok untuk Penggemar Fotografi

Loko Mata Toraja ini menawarkan pemandangan yang eksotis. Selain dari pemandangan alam yang masih asri hijau membentang, kuburan ini bisa menjadi objek foto yang unik dan menarik.

Masing-masing lobang kuburan yang memiliki ukuran berbeda tersebut memiliki dekorasi unik. Untuk itulah cocok jika sudah berkunjung nanti diabadikan dalam potret digital atau bahkan cetak. Maka dari itulah Anda wajib mengunjunginya jika sudah berada di Toraja.

Loko Mata Toraja menjadi peninggalan yang menjadi adat istiadat yang terjaga sampai saat ini. Apakah Anda tertarik untuk melihat langsung lokasinya? Info selengkapnya kunjungi Tondok Toraya.

Post a Comment for "Loko Mata di Toraja Kuburan Batu Tradisional Yang Berada di Ketinggian"