Alat Musik Talindo Dari Toraja Dan Cara Memainkannya


Alat Musik Talindo Dari Toraja - Talindo sendiri merupakan alat musik khas dan tradisional dari adat suku Toraja Sulawesi Selatan. Selain adat istiadat Toraja yang sudah terkenal di Indonesia bahkan di akui dunia, alat musik dari daerah Sulawesi Selatan ini tergolong unik dan menarik.

Bentuknya simple dan terkesan minimalis. Talindo juga sering dikaitkan dengan nama lain seperti Popondi dan Tolindo. Alat musik ini terbuat dari kayu solid, senar dan tempurung kelapa.

Keunikan alat musik ini yaitu mempunyai bentuk busur seperti tanduk sapi atau kerbau yang bertumpu pada tempurung kelapa. Agar lebih jelasnya, mengenai alat musik khas adat Toraja ini langsung saja baca artikel selengkapnya.

Mengenal Alat Musik Talindo Dari Suku Toraja

Alat musik Talindo sebagai alat tradisional berasal dari suku Toraja atau Sulawesi Selatan yang mempunyai bentuk unik dan menarik. Popondi atau Talindo ini memang sebuah alat musik tradisional jenis gitar berdawai satu (one stringed stick zulher). Hal ini lantaran karena mempunyai satu senar saja.

Untuk resonatornya dari alat musik ini terbuat dari tempurung kelapa yang dimana bahan tersebut bisa dengan mudah Anda temui di Indonesia. Kata Talindo sendiri adalah sebutan bagi orang-orang daerah Bugis.

Sedangkan kata Popondi adalah sebutan yang sering dilontarkan oleh orang yang berasal dari daerah Makassar. Sejarah dari alat musik Popondi ini tidak diketahui asal usulnya. Pastinya sudah turun temurun dari nenek moyang para penduduk Toraja dari dulu hingga sekarang ini.

Cara Memainkan Alat Musik Talindo

Untuk cara memainkan alat musik Talindo ini cukup mudah. Hanya dengan cara dipetik saja. Namun, agar menghasilkan bunyi dawai, cara memainkannya cukup berbeda yaitu dengan cara digesek menggunakan alat khusus yang terbuat dari bahan bilah bambu dan tali.

Hal inilah yang membuat suara khas keluar dari Talindo. Jenis alat musik ini akrab dengan aktivitas keseharian masyarakat yang berpofesi sebagai petani, terutama pada saat panen tiba.

Biasanya, Talindo dimainkan secara tunggal setelah petani merayakan musim panen. Tak jarang juga akan dimainkan oleh anak remaja untuk mengisi waktu luang mereka.

Fungsi Alat Musik Tradisional Talindo

Terdapat beragam fungsi dari alat musik tradisional Talindo. Bisa dimainkan secara berkelompok bisa juga dimainkan secara individu. Fungsi alat musik tradisional dari Sulawesi Selatan ini tentunya sangat bervariasi.

Hal ini lantaran alat musik tersebut diciptakan oleh masyarakat setempat di daerah itu, yang kemudian diproduksi secara massal. Sehingga bisa digunakan oleh generasi mendatang. Berikut ini adalah beberapa fungsinya.

Digunakan Pada Saat Upacara Budaya

Upacara kebudayaan suku setempat erat kaitannya dengan bunyi yang mendukung berlangsungnya upacara adat Toraja. Iringan alat musik ini akan memberikan kesan khitmat pada saat upacara berlangsung.

Sarana Mengopersiakn Diri

Tahukan Anda, bahwasannya alat musik tradisional termasuk Talindo sendiri bisa dijadikan sebagai sarana guna mengekspresikan diri. Melalui media alat musik tradisional semua orang bisa menuangkan ide yang ada pada dalam kepala Anda ke dalam bentuk tulisan lirik.

Sebagai Pengiring Seni Tari

Fungsi selanjutnya dari alat musik tradisional bernama Talindo ini yakni sebagai media iring-iringan tarian tradisional. Setiap tarian biasanya mempunyai pengiring musik tradisional daerahnya sendiri, salah satunya suku Toraja.

Sudah tahukan Anda mengenai seputar alat musik Talindo yang berasal dari adat suku Toraja Sulawesi Selatan ini ? Sebagai salah satu alat musik yang unik dan menarik, patut untuk dilestarikan! Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Alat Musik Talindo Dari Toraja Dan Cara Memainkannya"