Wisata Batutumonga Toraja, Pesona Kampung di Atas Awan!


Wisata Batutumonga Toraja merupakan salah satu tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Toraja. Terletak di kaki Gunung Sesean, tempat ini memiliki pesona keindahan yang begitu luar biasa.

Kampung di Tana Toraja ini memang memiliki keunikan tersendiri. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Lokasi Wisata Batutumonga Toraja

Batutumonga sebenarnya merupakan kota kecil yang lokasinya ada di Kecamatan Sesean Suloara. Jika dari Kota Makassar, jaraknya kurang lebih sekitar 328 kilometer. Perlu Anda tahu, Gunung Sesean ini merupakan salah satu gunung tertinggi yang terdapat di Toraja.

Untuk sampai ke kawasan ini, kondisi jalannya berkelok dan juga mendaki. Keadaan ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata tersebut.

Lokasinya berada di antara perbukitan. Sehingga pengunjung harus bisa berusaha untuk berjuang agar bisa menikmati keindahan panoramanya. Meskipun perjalanan cukup ekstrim, namun Anda akan disuguhkan pemandangan indah selama perjalanan.

Daya Tarik Batutumonga Toraja

Seperti tempat wisata lain yang ada di Toraja, Wisata Batutumonga Toraja ini merupakan sebuah kota yang lokasinya berada di ketinggian. Jaraknya kurang lebih sekitar 24 kilometer dari Rantepao.

Sesudah Anda tiba di lokasi, aka Anda akan menyaksikan keindahan hamparan awan putih. Pesona kampung di atas awan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat desa dengan deretan rumah adat tongkonan yang ada di atas bukit.
Pemandangan Kota Rantepao dapat terlihat jelas dari atas tempat ini. Menariknya ketika malam, cahaya lampu perkotaan akan tampak begitu eksotis dari sini. Pemandangan sunrise saat pagi hari juga bisa Anda nikmati keindahannya.

Matahari pagi yang muncul dari balik hamparan awan ini bisa menjadi panorama indah yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Anda bisa mendapatkan foto dengan latar belakang yang bagus.

Terdapat Batu Kubur yang Unik

Tak hanya melihat hamparan awan yang indah, pengunjung juga bisa menyaksikan tradisi masyarakat pedesaan Toraja. Selain mengetahui tradisi masyarakat, pengunjung juga dapat melihat beberapa kubur batu raksasa di wisata Batutumonga Toraja ini.

Kubur batu tersebut terletak di beberapa titik. Dibalik kuburan yang terkesan menyeramkan, namun ada beberapa keunikan di batu kubur ini yang wajib Anda tahu.

Batu berukuran raksasa tersebut lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Nah, batu tersebut memang dibuat dengan lubang khusus untuk menyimpan jenazah kerabatnya. Lubang pada batu tersebut ternyata akan digunakan untuk menyimpan jenazah.

Keunikan batu kubur ini ternyata bisa menciptakan nuansa pemandangan yang unik dan  berbeda. Dari keunikan tersebut, maka bisa membuat para wisatawan merasa penasaran dan ingin melihatnya dari dekat.
Jika Anda masih berada di kawasan Gunung Sesean, jangan lupa juga untuk mengunjungi Bori. 
 
Banyak destinasi wisata unik yang bisa Anda jumpai disana. Diantaranya yaitu Rante atau yang lebih dikenal sebagai sebutan tempat upacara pemakaman.

Ada 102 Batu Menhir

Harus Anda tahu, di tempat upacara pemakaman ini terdapat batu menhir yang sering disebut dengan megalit yang jumlahnya kurang lebih sekitar 102.

Adapun 102 menhir tersebut terdiri atas 24 menhir yang berukuran besar, 54 menhir dengan ukuran relatif kecil. Lalu, untuk sisanya termasuk batu menhir dengan ukuran sedang. Ukurannya memang bervariasi, sehingga bisa menghasilkan keunikan tersendiri.

Batu ini menjadi salah satu bentuk penghormatan pada pemuka masyarakat yang sudah wafat. Jadi tidak semua orang yang meninggal dibuatkan menhir. Itulah tadi daya tarik dari wisata Batutumonga Toraja yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Tana Toraja.

Post a Comment for "Wisata Batutumonga Toraja, Pesona Kampung di Atas Awan!"