Buah Khas Toraja Yang Melegenda, Nikmat dan Berkhasiat

Buah Khas Toraja Yang Melegenda - Jika berbicara mengenai buah yang ada di Toraja seperti yang akan kita bahas kali ini cocok untuk referensi sebagai pengetahuan dan acuan ketika nanti berkunjung langsung. Setiap daerah pasti memiliki hidangan atau buah-buahan khas yang tumbuh subur. Nah, kali ini ini deretan buah yang pasti tidak asing untuk warga suku Toraja.

Buah Khas Toraja Yang Melegenda

Indonesia terkenal dengan daerah tropis dan segudang kuliner yang khas. Bahan makanan tidak terbatas yang tumbuh subur di kawasan ini menjadikannya siapapun bisa bertahan hidup. Bahkan jika dipelajari berbagai menu makanan tersebut baik untuk tubuh.
 

Khasiatnya tidak main-main bagi kesehatan, bukan hal baru jika akhirnya material tersebut diolah secara serius. Seperti yang Anda ketahui, kini buah-buahan segar menjadi legendaris khas Toraja.

Berikut Buah Khas  Toraja yang Melegenda

Deretan buah-buahan ini bisa dipastikan terkenal untuk warga setempat dan sekitar Toraja. Bahkan beberapa buah kini sudah cukup sulit untuk didapatkan jika tidak berkunjung ke sana langsung.

Buah Paken

Pertama terdapat buah yang mirip sekali dengan penampakan durian, hanya saja isi dalam buah ini berwarna cenderung orange. Masih berkerabat dengan durian dan memiliki buah dengan sekat masing-masing ada beberapa biji.

Untuk aroma, buah ini tidak terlalu menyengat layaknya durian. Hanya saja durinya juga keras. Jika dilihat secara sekilas orang akan langsung mengira bahwa memang itu buah durian. Nah, sebab itulah mulai sekarang Anda perlu mempertimbangkan buah Paken ini ketika ke Toraja.

Khususnya bagi yang menyukai durian, coba dan bandingkan rasa buah ini. Apakah akan menjadi favorit untuk Anda lagi seperti durian.

Buah Bibbi

Kedua, buah yang sering disebut dengan markisa hutan ini ternyata awalnya berasal dari Belanda. Ketika ke Toraja akan ada beberapa pohon buah ini, namun tidak banyak yang ketahui khasiat buah ini. Rasanya manis sekali jika sudah matang berwarna kuning.

Ketika mengkonsumsinya Anda akan mendapatkan khasiat khusus untuk pengobatan panas dalam, khususnya sariawan. Tanaman ini seringnya tumbuh liar begitu saja, batangnya yang merambat sering tidak diperhatikan. Padahal baik sekali khasiatnya jika kita konsumsinya.

Buah Banga atau Manau

Buah khas Tana’ Toraja yang ini memiliki bentuk kecil dan berwarna putih. Untuk buah ini sudah masuk ke jenis yang asli dari Tanah Air. Rasa dari buah ini memang cenderung masam namun segar sekali.

Menariknya, buah yang bisa Anda dapatkan di tanah toraja ini memiliki khasiat yang baik khususnya untuk tubuh. Pada kesehatan otot, gigi, dan bahkan lainya, cocok sekali untuk dikonsumsi. Jika diperhatikan tampilan buah ini seperti buah salak hanya saja berwarna putih.

Tampaknya vitamin dan khasiat buah ini tidak perlu disepelekan sama sekali. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari mengkonsumsi buah ini.

Buah Kalasoe’

Rekomendasi terakhir yang kami bahas ini merupakan buah khas Tana’ Toraja yang memiliki bentuk seperti anggur. Memiliki warna seperti anggur berwarna ungu, orang biasanya menyebutnya sebagai anggur Toraja juga. Kebanyakan pohonnya tumbuh liar di hutan kawasan Toraja.

Rasanya cenderung manis dan segar sekali. Beberapa daerah juga memiliki buah ini dan menyebutnya dengan berbeda seperti Kacopeng, Karondang, dan masih banyak lagi. Pada intinya buah ini memiliki cita rasa yang sangat membuat ketagihan.

Buah khas  Toraja yang kita bahas tersebut kebanyakan masih tumbuh secara liar. Masing-masing memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan juga. Tidak heran jika warga sekitar sering mengklaim pohon yang liar sebagai orang yang menanamnya. Jadi, apakah Anda penasaran salah satu buah khas ini?

Post a Comment for "Buah Khas Toraja Yang Melegenda, Nikmat dan Berkhasiat"