Berikut 4 Kuliner Khas Yang Ada Dan Wajib Dicoba Di Toraja

Kuliner Khas Yang Ada Di Toraja - Sebagian besar orang mungkin mengenal suku Toraja sebagai suku pedalaman dengan budaya dan adat istiadat yang sakral. Suku asal Sulawesi Selatan ini ternyata memiliki beragam kuliner tradisional yang nikmat. 

Makanan ini juga memiliki tampilan yang unik sehingga cocok untuk disantap oleh para pecinta kuliner. Kuliner khas Toraja manakah yang memiliki tampilan unik dan rasa yang enak? 
 
Lalu, apa saja keistimewaan dari makanan tersebut? Inilah 4 Kuliner Yang Wajib Dicoba Di Toraja. Silakan mencobanya!

4 Kuliner Yang Wajib Dicoba Di Toraja

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas atau kuliner, Oleh karena itu Tondok Toraya akan memberikan Anda semua 4 info kuliner Toraja yang paling nikmat dan juga paling rekomendasi, Dibawah ini :

1. Pantollo' Lendong

Sesuai namanya, kuliner khas Toraja ini menggunakan bahan dasar lendong yang berarti "belut". Saat dimasak, belut ini akan dicampur dengan bumbu hitam yang disebut "pamarrasan" dan pangi. Patollo' Lendong diketahui termasuk dalam kategori makanan berat. Konon masyarakat Toraja sering memasak ikan dan babi dengan pamarrasan. 


Hidangan ini mudah ditemukan di berbagai acara adat di Tana Toraja. Hal ini menggambarkan bahwa makanan pantollo cukup diminati oleh warga sekitar. 
 
Pantollo' Lendong tidak hanya cocok dinikmati bersama Pangi. Anda juga bisa memakannya dengan daun mayana atau cabai katokkon. Mencicipi makanan ini tentunya akan membuat momen liburan Anda di Sulawesi Selatan terasa lebih berwarna.

2. Kapurung

Di Toraja, wisatawan tidak boleh lupa untuk mencicipi kuliner tradisional batu kapur. Makanan ini disajikan dengan kuah. Kapurung cukup populer di kalangan masyarakat setempat, bahkan sering dikatakan mampu menandingi kemasyhuran coto Makassar.

Untuk membuat jeruk nipis, warga setempat harus terlebih dahulu menyiapkan bahan dasar sagu yang disiram air panas. Sagu tersebut kemudian diolah hingga menyerupai bakso kecil. Bahan lain yang juga ditambahkan dalam proses pembuatan makanan ini antara lain potongan ikan, jagung, udang, aneka sayuran, dan lain-lain.

Berbagai bahan dasar pembuatan jeruk nipis membuat makanan ini kaya akan cita rasa. Banyak orang tergila-gila dengan rasanya yang sangat unik dan juga menggugah selera. Kapurung direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin menjaga berat badan selama liburan. Makanan ini cocok dinikmati dengan lemon atau jeruk nipis.

3. Pa'piong

Berwisata ke Toraja belum lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner Pa'piong. Orang Toraja biasanya menyajikan makanan ini pada acara-acara besar. Pa'piong dilaporkan sebagai salah satu kuliner tradisional yang dipuji penduduk setempat. 
 
Proses pembuatan makanan ini kabarnya melibatkan bambu. Kebanyakan penduduk umumnya menyajikan pa'piong dengan lauk tambahan seperti mayana, sayur bulunangko, atau pohon pisang muda yang disebut burak. Sangat unik bukan?

Ada banyak bahan baku yang digunakan masyarakat untuk mengolah pa'piong. Hal ini membuat makanan ini terdiri dari berbagai jenis, contohnya seperti nasi pa'piong yang terbuat dari campuran nasi dan bumbu serta pa'piong ayam. Ada juga babi pa'piong yang diolah menggunakan bahan babi.

4. Dangkot (Daging Kotte)

Makanan dengan perpaduan rasa gurih dan pedas ini juga patut dicoba bagi para traveller yang hobi makan. Daging Kotte (dangkot) dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging bebek. 
 
Daging ini kemudian dimasak kemudian diberi bumbu khusus khas masyarakat Toraja. Keistimewaan dangkot tidak hanya terletak pada rasanya yang enak. Makanan ini juga banyak disukai orang karena mengandung zat berkhasiat.

Sejumlah pihak meyakini dangkot dapat memperkuat sistem imun tubuh dan dapat digunakan sebagai antioksidan. Selain itu, daging bebek dalam makanan ini dipercaya mengandung vitamin B-12 dan sodium, fosfor serta asam amino. 

Sumber kelezatan dangkot berasal dari bahan-bahan yang digunakan seperti bawang merah, lengkuas, bawang putih, kunyit, cabai rawit, jahe, serai, merica, dan lain-lain. Menurut kepercayaan warga setempat, seseorang yang pandai memasak dangkot sudah pasti ahli dalam menyajikan makanan khas Toraja lainnya.

Itulah beberapa info mengenai 4 Kuliner Yang Wajib Dicoba Di Toraja dan pastinya Anda wajib mencobanya saat kesana. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Berikut 4 Kuliner Khas Yang Ada Dan Wajib Dicoba Di Toraja"