Senjata Tradisional Tana Toraja Sebagai Pelengkap Wisata Budaya Toraja


Senjata Tradisional Tana Toraja merupakan salah satu budaya atau ciri khas yang dimiliki oleh suku Toraja. Walaupun saat ini memang sudah tidak digunakan sebagaimana dengan fungsinya. Namun, hal itu tetap menjadi jati diri dari masyarakat Tana Toraja.

Banyak sekali hal yang bisa dibahas dari Tana Toraja. Adat istiadat yang banyak dan tentunya masih kental menjadikan Tana Toraja tidak habis-habis untuk dibahas. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri dari Tana Toraja.

Adat Pemakaman, Tarian, Makanan, Kopi, Rumah Adat Toraja cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia. Tidak ketinggalan dengan Senjata Tradisional khas Tana Toraja yang perlu juga untuk kita ketahui.

Dengan mengetahuinya, kita bisa mendapatkan informasi lengkap tentang Tana Toraja. Semua tentang Tana Toraja adalah hal yang menarik untuk diulik.

Mengenal Senjata Tradisional Tana Toraja

Senjata tradisional saat ini mungkin hanya digunakan sebagai pengenal daerah saja. Sifatnya yang tradisional banyak yang sudah tidak bisa disesuaikan dengan zaman modern. Namun tetap harus dijaga keberadaanya karena merupakan warisan budaya.

Kita tahu sendiri bahwasanya suku dan masyarakat Indonesia memiliki senjata tradisional. Tidak terkecuali dengan masyarakat Tana Toraja. Berikut ini adalah Senjata Tradisional Tana Toraja.

Kanta

Kanta merupakan salah satu senjata tradisional khas tana toraja. Senjata tradisional Kanta adalah perisai ramping yang dengan ukuran yang panjang, berbentuk huruf  V di sepanjang bagiannya. Senjata ini bentuknya agak meruncing dibagian bawah dan atas.

Kanta dihiasi dengan rambut kambing yang diberi cat putih, hitam dan merah, yang dipadukan dengan jumbai horizontal dan dilapisi dengan cangkang kecil atau tulang putih. Jambul rambut putih, merah dan hitam yang berasal dari rambut kambing ini dipasang pada baris yang saling tumpang tindih.

Kanta ini menjadi salah satu senjata tradisional yang dimiliki oleh suku toraja. Dengan adanya senjata tradisional ini juga menambah khasanah budaya yang dimiliki oleh Tana Toraja. Hal itu menjadikan tanah toraja semakin kaya akan budaya.

Badik

Senjata tradisional kedua yang dimiliki masyarakat Tana Toraja adalah Badik.  Senjata Badik adalah pisau panjang yang bentuknya telah dikembangkan oleh masyarakat sulawesi. Badik ini sendiri bukan murni milik masyarakat Tana Toraja.

Senjata Badik ini merupakan senjata tradisional yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Namun, setiap suku atau daerah juga memiliki kekhasannya tersendiri.

Tapi, untuk saat ini senjata tradisional ini memang tidak digunakan seperti dahulu. Senjata tradisional hanya digunakan sebagai simbol saja. Namun selain itu juga dipakai sebagai warisan budaya dari masing-masing suku atau daerah.

Senjata Tradisional Tana Toraja ini juga merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan. Namun, pastinya juga hal ini tetap menjadi warisan budaya yang dimiliki oleh Tana Toraja.

Tana Toraja merupakan wilayah yang terkenal dengan wisata budaya. Wisata budaya yang dimiliki oleh Tana Toraja ini telah menjadi wisata budaya yang menjadi kebanggaan sulawesi bahkan Indonesia.

Mengingat memang banyak sekali budaya yang masih lestari di Tanah Toraja. Selain itu, budaya yang ada di Tana Toraja cukup unik bagi masyarakat di luar Tana Toraja. Keunikannya itulah yang menjadikan Tana Toraja menjadi tujuan wisata domestik maupun internasional.

Senjata Tradisional Tana Toraja adalah sebagai pelengkap dari khasanah wisata budaya yang menjadi daya tarik khas Tana Toraja. Walaupun hanya pelengkap namun harus tetap dilestarikan dengan terus dikenalkan kepada masyarakat luas.

2 comments for "Senjata Tradisional Tana Toraja Sebagai Pelengkap Wisata Budaya Toraja"

Comment Author Avatar
I like it i now i am orang malausis