Senjata Tradisional Asal Sulawesi Selatan Yang Menarik Untuk Diketahui


Senjata tradisional Sulawesi Selatan adalah alat yang digunakan oleh orang dahulu, baik untuk berperang, memasak, berkebun, atau membela diri dari serangan musuh atau binatang buas yang ada di hutan. Kehadiran alat-alat ini sangat penting untuk membantu aktivitas kehidupan saat itu.

Sulawesi Selatan dan ibu kotanya, Makassar, merupakan rumah bagi empat suku bangsa, yaitu suku Bugis, Makassa, Toraja, dan Mandar. 
 
Keempat suku tersebut hidup berdampingan sehingga menghasilkan budaya-budaya unik di Sulawesi Selatan. Contoh budaya Senjata Tradisional Asal Sulawesi Selatan yaitu:

Berikut Senjata Tradisional Asal Sulawesi Selatan !

Bessing

Bessing adalah senjata tradisional Sulawesi Selatan berupa tombak kayu dengan ujung besi yang runcing di ujungnya. Bessing terbuat dengan ukuran hanya 1 meter dengan ujung besi bermata dua yang merangkap sebagai keris dua ujung.

Menurut ujung besinya, bessing dibagi menjadi dua bagian, yaitu bessing biasa dan bessing banraga. Menurut laporan di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bessing banraga, ujung besi bessing ini terdiri dari bilah bermata dua, sehingga sering disebut tombak bercabang.

Satu bilah lebih panjang dari yang lain, sehingga dapat digunakan untuk bertahan dari serangan musuh dari jarak jauh.

Badik Raja

Badik Raja adalah senjata tradisional Sulawesi Selatan yang berasal dari daerah Kajuara, Kabupaten Bone. Ukuran senjata ini cukup besar, dengan panjang 20 hingga 25 sentimeter.

Senjata tradisional Sulawesi Selatan ini terbuat dari logam berkualitas tinggi dan seringkali dilengkapi dengan pamor hulu yang indah, seperti pamor Timpalaja atau pamor Mallasoancale. Seperti namanya, senjata tradisional Sulawesi Selatan ini digunakan oleh raja-raja Bone.

Namun, penduduk setempat percaya bahwa Badik, dengan nama lain Gencong Raja atau Bontoala, dibuat oleh para roh. Tak heran benda ini memiliki nilai sakral yang sangat tinggi.

Alameng 

Alameng atau dalam bahasa Bone disebut dengan Alameng Tarapeng adalah senjata tradisional di Sulawesi Selatan yang dianggap keramat.

Indarwati melaporkan dalam jurnal nya yang berjudul Ritual Para Bissu, Para Waria Sakti di Kabupaten Bone (2019) bahwa Alameng merupakan peninggalan kerajaan kelewang dengan hulu dan sarungnya berlapis emas.

Alameng dikatakan hanya dimiliki oleh raja dan penasihat mereka saja. Sebagai benda pusaka kerajaan, Alameng merupakan simbol kemakmuran dan kekuasaan, sehingga tidak bisa sembarangan dikeluarkan dari kerajaan.

Badik Luwu

Badik Luwu merupakan senjata tradisional daerah Sulawesi Selatan yang berasal dari masyarakat Luwu. Bentuknya ditekuk dengan bilah lurus dan meruncing di ujungnya.

Senjata ini memiliki pamor yang sangat bagus. Tidak jarang para kolektor berburu senjata tradisional ini di Sulawesi Selatan untuk dikoleksi.

Kanna

Kanna adalah senjata tradisional Sulawesi Selatan yang berbentuk tameng. Berbeda dengan senjata lain yang sudah disebutkan, Kanna digunakan untuk menangkal serangan senjata musuh.

Cara Menggunakan Kanna Dipegang dengan satu tangan, sehingga dapat dengan mudah digerakkan ke kanan, kiri, atas atau bawah tergantung perubahan arah serangan musuh.

Senjata ini bahkan disebutkan dalam cerita rakyat berjudul Pau-Paunna Sawerigading, sehingga disimpulkan bahwa senjata ini digunakan oleh Sawerigading dan tentara Luwu-nya, serta oleh tentara kerajaan Cina yang ada di Latanete.

Kawali

Kawali adalah senjata tradisional di Sulawesi Selatan dan berbentuk seperti badik. Kawali memiliki gagang kayu melengkung dengan bilah bermata tunggal yang panjang, tipis, dan meruncing di ujungnya.

Satriadi dalam Jurnal nya yang berjudul Bentuk, Fungsi, dan Mkna Pamor Senjata Kawali dalam Masyarakat Bugis (2019) menyebutkan bahwa Kawali berfungsi sebagai senjata dalam pertempuran, simbol kedewasaan, simbol status sosial, sumpah kesetiaan kepada raja, penangkal bala, memiliki kekuatan magis dan warisan keluarga.

Munkgin hanya itu saja yang bisa saya bagikan mengenai info Senjata Tradisional Asal Sulawesi Selatan yang pastinya menarik untuk kita ketahui dan pelajari bersama, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Senjata Tradisional Asal Sulawesi Selatan Yang Menarik Untuk Diketahui"