Kuliner Khas Yang Ada di Toraja Yang Wajib Kamu Coba


TONDOK TORAYA - Tepatnya pada 1990-an, Kementerian Pariwisata menetapkan Toraja sebagai tujuan wisata favorit kedua setelah Bali. Setelah penetapan  itu dilakukan, jumlah wisatawan di Toraja meningkat drastis

Tak hanya budayanya yang unik, makanan khas Toraja pun tak kalah menarik. Jadi tak heran jika sebuah kawasan di Provinsi Sulawesi Selatan ini selalu dibanjiri wisatawan.

Masyarakat mempertahankan cara hidup kuno yang masih ada sampai sekarang. Adat istiadat, bahasa, sastra, rumah, patung, musik, tarian, dan bahkan masakan masih terpelihara dengan baik hingga saat ini.

Penasaran dengan daerah ini, apalagi dengan kuliner khas Toraja yang konon melegenda! Mari sama sama simak informasi kuliner berikut ini, siapa tahu di kemudian hari berkesempatan mampir ke Tana Toraja.

Daftar Kuliner Khas Yang Ada di Toraja

Meski masakan Tana Toraja tidak sepopuler masakan Padang, namun tak kalah enak dan bikin ketagihan. Tentu saja, setiap menu kuliner khas Tanah Toraja ini mampu memanjakan lidah pada gigitan pertama.

Deppa Tori

Deppa Tori menjadi kue paling khas yang di miliki oleh Toraja, dimana kue ini terbuat dari tepung beras dan juga campuran gula merah. Jika berkunjung ke Toraja di sepanjang jalan Anda pasti sering melihat banyak penjual berjejeran untuk menjual kue khas satu ini.

Pa'Piong Bo’bo

Makanan khas Toraja ini biasanya disajikan pada acara seperti sukuran setelah musim panen. Rasanya unik karena nasi yang digunakan dibumbui dengan garam dan juga santan.

Rasa piong bo'bo semakin sempurna karena dimasak dengan bambu yang dilapisi daun pisang. Tekstur nasi piong bo'bo agak lengket seperti nasi lemang.

Pantollo Pamarrasan

Sajian andalan Tana Toraja selanjutnya adalah Pantollo Pamarrasan yang terkenal dengan bumbu hitamnya.

Bumbu hitam ini terbuat dari kluwak, yaitu buah dari pohon yang tumbuh liar. Buah kluwak ini berwarna hitam dengan rasa pahit yang cukup khas.

Rasa inilah yang membedakan Pantollo Pamarrasan dengan makanan khas Indonesia lainnya.

Bahan utama Pantollo Pamarrasan adalah daging. Ada yang menggunakan daging babi, kerbau, ikan atau belut sesuai selera masing-masing keluarga.

Makanan ini biasanya diolah pedas dengan campuran cabai utuh untuk memberikan sensasi rasa. Makanan ini wajib kamu coba jika berkunjung ke Tana Toraja, ya!

Pantollo Duku (Babi)


Masakan khas Toraja menggunakan bumbu yang sama persis dengan Pantollo Pamarassan. Bahan utama yang digunakan adalah daging babi, yang ditambahkan lombok katokkon untuk menambah kepedasan.

Dangkot (Daging Kotte) Bebek

Seperti namanya, makanan khas Toraja selanjutnya adalah daging bebek. Menurut bahasa suku Toraja, Dangkot merupakan kata singkatan dari kata “daging” dan “kotte” yang berarti bebek. Daging bebek tersebut kemudian diolah dan ditambahkan bumbu khas Toraja.

Saat anda mencoba masakan khas Toraja ini, anda akan merasakan kelezatan daging dengan rasa yang sangat pedas, sesuai dengan selera orang Toraja yang cenderung memiliki makanan yang sangat pedas. Dangkot biasanya disantap dengan tumis kangkung.

Kapurung

Kapurung adalah makanan khas Toraja lainnya yang terbuat dari sagu, sayuran, dan ikan. Seperti sagu di Palopo, sagu di Kapurung juga berbentuk bulat agar lebih mudah disantap. 
 
Sayuran yang termasuk dalam hidangan ini antara lain kangkung, jantung pisang raja, bayam, dan labu merah atau kacang panjang.

Sedangkan ikan yang disajikan antara lain cakalang, bandeng dan teri goreng. Kuah Kapurung berwarna kuning karena bumbu utama dari ikannya adalah kunyit.

Ballo (Tuak)

Ballo adalah minuman yang dihasilkan dari enau atau pohon aren dan minuman ini dikenal juga dengan sebutan tuak. Minuman ini mengandung alkohol dan bisa sangat memabukkan.

Minum minuman beralkohol Tana Toraja ini sudah menjadi kebiasaan dalam keseharian pria dewasa dan budaya setempat.

Kopi Toraja

Tana Toraja merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi arabika tumbuh dengan subur dan memiliki cita rasa yang unik. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kopi Toraja yang terkenal ini.

Jadi masih bingung untuk memilih Kuliner Khas Yang Ada di Toraja , pilihan di atas adalah yang terbaik dan wajib Anda coba saat berkunjung ke Toraja.

Post a Comment for "Kuliner Khas Yang Ada di Toraja Yang Wajib Kamu Coba"