Objek Wisata Unik Di Tana Toraja Yang Perlu Kamu Ketahui

Toraja dikenal sebagai daerah yang memiliki koleksi wisata unik dan ekstrim di Indonesia.Misalnya, penguburan yang tidak biasa, berupa tengkorak dibiarkan terbuka di tanah tanpa dikubur. Selain itu, berbagai tempat yang mengandung suasana mistis dan kekuatan gaib.

 
Tempat-tempat seperti itulah yang dijadikan tempat wisata dan banyak dikunjungi masyarakat di Tana Toraja, bahkan warga asing. 
 
Lantas, apa saja Objek Wisata Unik Di Tana Toraja yang perlu kamu ketahui? Simak ulasan berikut ini!

Objek Wisata Unik Di Tana Toraja

Situs Pemakaman Batu Lemo Dan Londa


Tana Toraja mempunyai adat yang dianggap penting dan sakral oleh masyarakatnya, yaitu menghormati kematian seseorang. 
 
Hal ini dilakukan dengan mengadakan berbagai upacara adat dan ritual penguburan. Dalam hal pemakaman, masyarakat Tana Toraja memiliki cara unik dalam menguburkan jenazah seseorang.
 
Kompleks pemakaman ini juga adalah tempat peristirahatan terakhir para bangsawan Toraja. Yang paling populer adalah kuburan batu.

Selain itu, di Toraja juga ada beberapa teknik mengubur jenazah. Diantaranya, kuburan gantung, kuburan pahat, kuburan tanah, kuburan gua hingga patane (ruangan yang digunakan untuk menyimpan peti mati). 
 
Dari berbagai teknik penguburan, terlihat bahwa Tana Toraja memiliki tradisi unik dalam merawat orang yang sudah meninggal.

Tak heran jika di sana kuburan bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang sarat akan kearifan lokal masyarakat adat. Contohnya dapat ditemukan di kuburan batu Lemo dan Londa yang terletak di perbatasan daerah Makale dan Rantepao. 
 
Wilayah di Tana Toraja terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian selatan Tana Toraja dengan pusat Kota Makale dan bagian utara dengan pusatnya di Rantepao.

Pango-Pango Makale, Taman Hijau Di Atas Awan


Pango-Pango Makale merupakan tempat wisata alam berupa dataran tinggi yang dikelilingi awan. Oleh karena itu, masyarakat setempat biasa menyebutnya negeri di atas awan. 
 
Hutan pinus dan taman hijau Pango-Pango berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari ketinggian tersebut, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan Kota Makale, serta eksotisme pemandangan matahari terbit dan terbenam di bukit Pango-Pango.

Sesuai dengan namanya, wisata alam Pango-Pango Makale ini terletak di Makale Selatan. Tepatnya di Pasang, Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan wisata alam Pango-Pango buka 24 jam. 

Tapi, meski begitu, perhatikan waktu yang tepat untuk mengunjunginya. Anda harus datang di pagi atau sore hari, sebelum matahari terbenam. 
 
Jika Anda datang pada sore hari, lebih baik Anda bermalam di atas bukit. Tentunya dengan membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri.

Area Patung Yesus Memberkati, Tertinggi Di Dunia


Tidak hanya wisata budaya dan alam, Tana Toraja juga menyediakan wisata religi yang menyenangkan. Keberadaan wisata religi dapat ditemukan di kawasan Puncak Buntu Burake yaitu Patung Yesus Pemberkatan yang merupakan patung Yesus tertinggi di dunia.
 
Patung ini berada di ketinggian 1700 mdpl. Tinggi patung Yesus ini adalah 45 meter, terbuat dari coran perunggu. 
 
Ketinggian patung ini mengalahkan Patung Yesus di Rio de Janeiro, Brasil yang mencapai 38 meter di puncak Gunung Corcovado.

Patung Tuhan Yesus Memberkati yang juga menjadi ikon Tana Toraja ini dibangun pada Mei 2015 dengan biaya 22 miliar Rupiah. 
 
Patung ini dibangun untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Tana Toraja. Terbukti, pada tahun 2016 kunjungan ke Buntu Burake mencapai 1 juta wisatawan.

Post a Comment for "Objek Wisata Unik Di Tana Toraja Yang Perlu Kamu Ketahui"